Pemberian Terapi Bercerita
Kategori:
Psikologis
Subkategori:
Pertumbuhan dan Perkembangan
Definisi
Menggunakan
cerita naratif seperti dongeng, mitos, legenda, dengan improvisasi tertentu
untuk memulihkan masalah fisik dan/atau psikologis.
Diagnosis
Keperawatan
Gangguan
Interaksi Sosial
Risiko
Gangguan Perkembangan
Luaran
Keperawatan
Status
Perkembangan Membaik
Interaksi
Sosial Meningkat
Prosedur
1. Identifikasi
pasien menggunakan minimal dua identitas (nama lengkap, tanggal lahir, dan/atau
nomor rekam medis)
2. Jelaskan
tujuan dan langkah-langkah prosedur
3. Lakukan
kebersihan tangan 6 langkah
4. Identifikasi
kesiapan anak
5. Identifikasi
minat anak terhadap cerita
6. Identifikasi
tema yang disukai
7. Sepakati
tema cerita yang akan digunakan bersama pasien
8. Jadwalkan
terapi bercerita sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat
9. Siapkan
tema cerita yang akan digunakan
10. Sediakan
lingkungan yang nyaman
11. Atur
posisi anak senyaman mungkin
12. Jalin
keakraban dengan anak dan keluarga
13. Mulai
bercerita dari hal yang sederhana hingga kompleks
14. Fokuskan
pandangan pada anak
15. Minta
taggapan anak tentang tema yang diceritakan
16. Berikan
umpan balik dan reinforcement positif
17. Lakukan
kebersihan tangan 6 langkah
18. Dokumentasikan
prosedur yang telah dilakukan dan respons pasien
Referensi
Bowden,
V. R. And Greenberg, C. S. (2016). Pediatric Nursing Procedures (4th ed.). Philadelphia Lippincott Williams
& Wilkins.
Hockenberry,
M. J., & David, W. (2014). Wong's Nursing Care of Infants and Children (10th ed.). SL Louis: Elsevier Health
Sciences.
PPNI
(2016). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia: Definisi dan Indikator
Diagnostik (1st ed.).Jakarta:
DPP PPNI.
PPNI
(2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia: Definisi dan Tindakan
Keperawatan (1st ed.)Jakarta:
DPP PPNI.
PPNI
(2018). Standar Luaran Keperawatan Indonesia: Definisi dan Kriteria Hasil
Keperawatan (1st ed)Jakarta:
DPP PPNI.